Rabu, 08 Februari 2012

Mukjizat Nabi Nabi Ulul Azmi

Diantara nabi nabi Allah ada yang memiliki kedudukan yang berbeda di sisi Allah SWT, nabi yang memiliki kedudukan lebih di sisi Allah ini disebut dengan Ulul Azmi. Dan ulul azmi inipun diberikan mukjizat oleh Allah SWT. Mukjizat nabi nabi ulul azmi dan mukjizat nabi yang lainnya diberikan oleh Allah untuk mendukung risalah yang mereka bawa.

Adapun yang termasuk dalam ulul azmi adalah nabi Muhammad saw, nabi Ibrahim as, nabi Nuh as, nabi Musa as dan nabi Isa as.


Meskipun demikian Allah tetap memerintahkan orang mukmin untuk tidak membeda-bedakan antara nabi yang satu dan yang lainnya. Orang mukmin harus tetap beriman kepada semua nabi tanpa harus melihat kedudukan nabi tersebut di sisi Allah.



Mukjizat Nabi Muhammad saw


Diantara mukjizat nabi nabi ulul azmi, mukjizat nabi Muhammad saw-lah yang memiliki jumlah yang sangat banyak mulai dari sebelum dan sesudah kelahiran hingga sampai akhir hidupnya.


Ada yang mengatakan mukjizat nabi Muhammad yang pertama adalah mukjizat yang terdapat pada kepribadian dan pemikiran beliau. Itulah yang menjadikan mukjizatnya yang terbesar setelah Al Qur’an, dimana beliau mampu menahan penderitaan di jalan Allah SWT, hal itu merupakan bangunan rohani yang sangat tinggi.


Mukjizat setelah diutusnya beliau sebagai Rasul adalah mukjizat membebaskan akal beliau, yaitu tidak memikirkan hal yang lain apalagi keduniawian selain hanya tertuju kepada kalimat Allah SWT.


Dalam perjalanan hidupnya sering mendapatkan banyak hal luar biasa yang bagi manusia biasa adalah sesuatu hal yang mencengangkan dan mengherankan bahkan bagi yang tidak beriman mukjizat yang dialami nabi Muhammad adalah sesuatu yang mustahil menurut mereka, salah satunya adalah ketika peristiwa Isra’ dan mi’raj.



Mukjizat Nabi Isa as


Banyak pula Allah SWT memberikan mukjizat kepada nabi Isa as, dan diantara mukjizat tersebut adalah :

Sewaktu baru lahir beliau dapat berbicara menjelaskan bahwa dirinya adalah nabi yang diutus oleh Allah.Beliau diajari Taurat, Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa telah tersembunyi dan sudah banyak mengalami perubahan yang dilakukan oleh orang orang cerdik dari kaum yahudiMembuat burung dari tanah kemudian meniupkan roh hingga burung itu memiliki kehidupan dan bisa terbangDapat menghidupkan orang yang meninggalDapat menyembuhkan orang buta dan orang yang mempunyai penyakit belang.Turunnya makanan dari langit karena permintaan kaum Hawariyin. Mampu melihat hal-hal yang gaib, oleh karena itu beliau dapat memberitahu kaumnya tentang apa yang mereka simpan dirumah mereka tanpa terlebih dahulu beliau masuk ke rumah mereka.Diangkat ke langit ketika penguasa yang lalim akan menyalibnya.


Mukjizat Nabi Musa as dan Nabi Ibrahim as


Mukjizat nabi Musa as berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular dan dapat membelah lautan. Sedangkan mukjizat Nabi Ibrahim adalah tubuhnya tidak terbakar oleh api pada saat beliau dibakar oleh kaum yang menentangnya.



Mukjizat Nabi Nuh as


Nabi Nuh mengalami sesuatu yang sangat luar biasa dimana kaumnya tertimpa angin topan yang sangat dahsyat juga banjir yang melanda, ombak bergulung-gulung meninggi dan terus meninggi bersama perahu nabi Nuh hingga tidak terlihat sesuatupun kecuali air. Hujan pun turun dengan deras tak henti-hentinya.


Hanya berlalu beberapa saat kehidupan bumi telah musnah dan tertutup air, kecuali nabi Nuh dan kaum yang turut serta dalam perahunya. Berdasarkan kisah, topan yang dialami nabi Nuh berlanjut hingga beberapa zaman, dan hanya Allah saja yang mengetahui berapa lama badai ini melanda.


Adapun umur nabi Nuh dikisahkan oleh Allah dalam QS. Al Ankabut: 14 yaitu seribu tahun kurang lima puluh tahun.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here