Jumat, 27 April 2012

Kiamat: Misteri Terbesar di Muka Bumi

Indonesia adalah negara majemuk. Indonesia memiliki beberapa agama atau kepercayaan yang diakui secara hukum. Islam, Kristen, Hindu, dan Budha. Tiap-tiap kepercayaan tersebut tentu saja memiliki ajaran yang berbeda. Termasuk ketika berbicara mengenai kiamat.

Dalam ajaran agama Islam, percaya akan datangnya hari akhir atau hari kiamat adalah termasuk dalam satu di antara lima hal yang harus diimani. Lima hal tersebut dalam ajaran Islam dikenal dengan istilah rukun iman.

Datangnya kiamat adalah misteri terbesar di muka bumi ini. Berbagai dalil mengatakan bahwa hanya Allah lah yang tahu akan kapan datangnya hari kiamat. Sebagai umat-Nya hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah berperilakulah sebaik mungkin. Jalankan perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya. Lebih dari itu kita hanya bisa menunggu dan memercayai bahwa hari akhir itu akan tiba.

Dalam beberapa buku Agama Islam, kiamat digambarkan begitu dahsyat. Dalam Al-Qur’an tepatnya dalam surat Al-Waqiah, keadaan kiamat benar-benar dijelaskan secara detail. Hal-hal mengerikan dijanjikan akan terjadi. Allah akan membuat bumi bergoncang hebat, apapun yang ada di dalamnya, seperti gunung, lautan semua akan luluh lantak.

Dalam surat Al-Waqiah tersebut dijelaskan bahwa gunung-gunung akan terlihat seperti kapas yang ditiup angin. Tidak ada satu makhluk pun yang akan selamat dari hari kiamat. Orang-orang yang sudah lebih dulu meninggal pun akan dibangkitkan dan amalnya akan dihitung secara bersamaan. Kecuali bagi mereka para Syuhada. Syuhada telah ditempatkan di sisi Allah, diberi rizki dan kebahagiaan yang abadi.

Dalam surat Allah lainnya, yaitu Al-Qori’ah. Manusia diceritakan seolah seperti laron yang berterbangan. Terlempar karena guncangan yang maha dahsyat.

Tiupan Sangkakala di Hari Kiamat

Allah telah memerintahkan Israfil untuk meniup sangkakala sebagai pertanda datangnya hari akhir zaman itu. Setelah Sangkakala ditiupkan bencana maha dahsyat akan terjadi seketika. Kekejutan makhluk akan suara Sangkakala kemudian dilanjutkan dengan hal lain yang jauh lebih mengejutkan, kiamat.

Kedahsyatan kiamat dalam surat Al-Hajj ayat 2 bahkan akan membuat ibu yang tengah menyusui akan melupakan anak yang tengah disusuinya, wanita yang tengah hamil pun akan tiba-tiba melahirkan, dan wajah anak kecil akan berubah tua karena hal itu akan mengejutkan mental mereka.

Tanda-Tanda Kiamat dalam Islam

Sebagai umat yang berpikir, Allah sudah memberikan beberapa tanda-tanda kiamat agar sebagai makhluknya kita dapat mempersiapkan amal sebanyak-banyaknya, dan agar kita tidak merugi di hari akhir nanti. Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, ciri-ciri kiamat ada sepuluh.

1. Dukhan atau Asap

Asap ini akan membuat orang-orang beriman bersin-bersin, dan membuat orang kafir meninggal. Asap akan muncul secara misterius dan tiba-tiba di bagian barat dan timur bumi selama 40 hari.

2. Dajjal

Dalam Al-Qur’an, Dajjal digambarkan memiliki mata yang hanya satu dan tertulis dengan jelas di keningnya tulisan “Kafir”. Dajjal akan membuat kerusuhan. Ia akan menyebarkan fitnah besar yang memengaruhi keimanan para manusia.

3. Dabbah

Sejenis binatang melata yang akan muncul di dekat Gunung Shafa. Binatang melata tersebut akan mengadu pada Allah bahwa manusia sudah tidak lagi beriman.

4. Matahari terbit di sebelah barat dan pintu tobat sudah ditutup rapat.

5. Turunnya Nabi Isa A.S.

Nabi Isa A.S akan membantu Imam Mahdi melawan Dajjal. Nabi Isa A.S juga akan membinasakan salib yang diciptakan oleh kaum-kaum kristian.

6. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj

Mereka terdiri dari dua golongan, besar dan kecil. Mereka berada di balik tembok besi bercampur tembaga yang dibangun oleh Zul Qarnain. Mereka akan berhasil menembus dinding itu dan membuat kerusakan.

7. Gempa bumi dibagian timur. Kawasan Asia.

8. Gempa bumi dibagian barat. Kawasan Eropa dan sekitarnya.

9. Gempa bumi di Semenanjung Arab.

10. Api besar penghalau umat manusia menuju Padang Mahsyar.


View the original article here