Jumat, 20 Januari 2012

Kejadian Pada Hari Kiamat Menurut Islam

Hari kiamat adalah hari akhir yang merupakan salah satu rukun iman bagi orang Islam yang wajib dipercayai. Kiamat menurut Islam sudah pasti akan datang dan terjadi tetapi waktunya kapan, jawabnya Wallaahu A’lam. Hanya Allah SWT saja yang tahu kapan kiamat itu akan datang, bahkan nabi Muhammad saw kekasih Allah saja tidak mengetahuinya.

Ketika nabi ditanya oleh malaikat Jibril tentang kapan datangnya hari kiamat, beliau hanya menjawab bahwa yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya. Baik Al Qur’an maupun hadist tidak pernah ada yang memberitahukan secara pasti kapan kiamat itu akan datang, karena hari kiamat merupakan rahasia Allah SWT.


Nabi hanya diberitahu oleh Allah tanda-tandanya saja dari hari kiamat sebagai peringatan telah dekat kedatangan hari akhir tersebut. Salah satu ayat yang memastikan bahwa kiamat akan terjadi adalah QS. Al Hajj ayat 7 dimana Allah memastikan bahwa kiamat itu pasti datangnya.


Situasi atau saat terjadinya kiamat dikisahkan dalam Al Qur’an  surat Al Waqiah yang menceritakan hari kiamat dan setelahnya. Dalam surat ini Allah menceritakan tidak akan ada yang dapat menyangkal atau mendustakan bila hari yang telah ditentukan ini tiba.


Bumi akan digoncang dengan dahsyat sehingga seluruh isinya akan hancur luluh lantak, gunung gunung berterbangan seperti kapas yang tertiup angin, semua menjadi seperti debu yang berterbangan.


Bisa dibayangkan jika gunung saja yang sangat besar berubah menjadi seperti debu yang berterbangan lalu bagaimana dengan manusia? Tak satu pun manusia yang dapat menyelamatkan diri, karena semua yang bernama makhluk hidup semua pasti mati. Tidak ada celah sedikit pun di muka bumi ini untuk dapat bersembunyi atau menyelamatkan diri.


Dalam Al Qur’an surat Al Qoriah Allah menceritakan manusia seperti laron yang berterbangan, gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Banyaknya bencana yang sering terjadi di muka bumi jika dikumpulkan maka tidak akan ada apa-apanya bila dibandingkan dengan kedahsyatan hari kiamat.



Tiupan Sangkakala Pada Hari Akhir


Karena saking dahsyatnya hari tersebut, ia dapat merubah cepat wajah anak anak menjadi tua karena sangat mengejutkan mental dan tubuh yang terlalu naïf.


Seperti diberitakan pada Qur'an surat Al Hajj : 2 yaitu tia tiap ibu yang menyusui akan lupa pada anak yang disusukan, wanita yang sedang hamil akan langsung melahirkan, dan yang masih muda usia kandungannya akan keguguran, baik mahluk yang ada di bumi maupun di langit semua terkejut dengan tiupan sangkakala pertama oleh malaikat Israfil.


Sebelum kiamat dimulai, Allah SWT memerintahkan malaikat Israfil meniupkan sangkakala sebagai tanda dimulainya kiamat. Tatkala telah tertiup, maka terjadilah kejutan yang menakutkan bagi seluruh makhluk.


Menurut riwayat sebelum bumi ini dihancurkan manusia dihempas-hempaskan terlebih dahulu sampai ia merasakan adzab yang sangat besar dan pedih.


Mereka yang merasakan dahsyatnya hari kiamat adalah orang-orang kafir karena orang-orang yang beriman akan diwafatkan terlebih dahulu sebelum kiamat datang.


Ada suatu riwayat yang mengatakan bahwa semua makhluk akan terkejut dengan tiupan sangkakala baik yang masih hidup maupun yang sudah mati, kecuali para syuhada, sebab mereka hidup di sisi Tuhannya dengan diberi rizki. Maka hancurlah bumi dan segala isinya juga seluruh alam angkasa, alam kasar maupun alam ghoib yang dihuni oleh makhluk halus.


Kiamat menurut Islam adalah sesuatu yang pasti terjadi, dan sudah seharusnya bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan amal kebaikan agar kita tidak termasuk orang yang merugi.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here