Rabu, 11 Januari 2012

Sholat Tahajud dan Keutamaannya

Tahukah Anda apa keutamaan sholat tahajud? Sebelum membahas sholat tahajud, mari kita bahas sedikit tentang sholat wajib. Dalam rukun Islam, sholat adalah keutamaan yang harus dilakukan setelah mengucapkan dua kalimat syahadat. Sholat yang hukumnya wajib dilakukan oleh umat muslim ada lima waktu. Isya, Subuh, Dzuhur atau Lohor dalam bahasa Sunda, Ashar, dan Maghrib. Sholat wajib itu dilakukan sepanjang hari dari mulai terbit fajar hingga tenggelam matahari.


Di antara waktu-waktu sholat wajib, ada beberapa sholat yang bisa dilakukan dan hukumnya sunah. Sholat yang memiliki hukum sunah disebut juga sholat sunah. Jika sholat sunah dilakukan, akan mendapatkan pahala. Jika tidak dilakukan, tidak akan menambah dosa. Meskipun demikian, sholat sunah juga memiliki keistimewaan yang sama. Salah satu sholat sunah yang istimewa adalah sholat tahajud.


Sholat tahajud dilakukan pada malam hari. Syarat yang paling utama adalah sholat tahajud harus dilakukan setelah kita terjaga dari tidur. Jika Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil atau sekadar minum, ada baiknya untuk sekalian menunaikan sholat tahajud. Sholat tahajud atau sholat malam memiliki keistimewaan. Di saat kebanyakan orang tengah tertidur pulas, kita berdoa pada Allah.


Setelah sholat Isya hingga terbit fajar adalah waktu yang dikhususkan untuk sholat tahajud. Di sepanjang malam itulah, berkah Allah banyak diturunkan. Keistimewaan melakukan sholat tahajud di malam hari dibagi menjadi tiga waktu.


Sepertiga malam yang pertama dilakukan dari pukul 19.00 hingga pukul 22.00, sepertiga malam yang kedua dilakukan antara pukul 22.00 hingga pukul 01.00, dan sepertiga malam terakhir dilakukan antara pukul 01.00 hingga terbit fajar.


Melaksanakan sholat tahajud pada waktu sepertiga malam terakhir memiliki keistimewaan lebih tinggi dibanding sepertiga malam yang pertama dan kedua. Saat sebelum subuh menjelang, Allah banyak menurunkan rahmatnya ke bumi. Manfaatkanlah waktu-waktu itu untuk meraih rahmat sebanyak-banyaknya.


Nabi Muhammad SAW bersabda tentang sembilan keutamaan yang dimiliki sholat tahajud. Lima keutamaan dapat dirasakan ketika hidup di dunia dan empat keutamaan lainnya menjadi bekal saat manusia meninggal. Lima keutamaan sholat tahajud ketika manusia hidup di dunia adalah sebagai berikut.

Allah akan melindungi siapa pun yang rajin melakukan sholat tahajud dari segala macam musibah, bencana, dan marabahaya.Orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud akan terlihat dari wajahnya. Wajahnya akan berseri secara alami.Orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud akan mudah dicintai orang lain.Terjaga lisannya dari perkataan yang kurang baik. Selalu mengeluarkan kata-kata yang baik dan penuh hikmah.Orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud akan menjadi lebih bijaksana dan pemahaman tentang agama Islamnya pun akan bertambah.

Empat keutamaan sholat tahajud yang bisa dijadikan bekal di akhirat adalah sebagai berikut.

Wajah orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud ketika bangkit dari kubur akan berseri dan memancarkan cahaya.Saat dihisab, penimbangan amal baik dan buruk, ia akan mendapatkan keringanan.Ketika semua umat manusia diharuskan melewati jembatan Shirotol Mustaqim, orang yang rajin melaksanakan sholat tahajud akan dengan mudah dan cepat melewatinya. Secepat kilatan halilintar.Catatan amalnya diberikan pada tangan bagian kanan.

Nabi Muhammad SAW kembali bersabda tentang keutamaan sholat tahajud. Ketika Nabi Muhammad menjelaskan tentang keutamaan sholat tahajud kepada para sahabatnya, beliau bersabda:


“Sholat tahajud adalah sarana (meraih) keridhoan Allah, kecintaan para malaikat, sunah para nabi, cahaya pengetahuan, pokok keimanan, istirahat untuk tubuh, kebencian para setan, senjata untuk (melawan) musuh, (sarana) terkabulnya doa, (sarana) diterimanya amal, keberkatan bagi rezeki, pemberi syafaat di antara yang melaksanakannya dan di antara malaikat maut, cahaya di kuburan (pelaksanaannya), ranjang di bawah sisi (pelaksanaannya), menjadi jawaban bagi Munkar dan Nakir, teman dan penjenguk di kubur (pelaksanaanya) hingga hari kiamat, ketika di hari kiamat sholat tahajud itu akan menjadi pelindung di atas (pelaksanaannya), mahkota di kepalanya, busana bagi tubuhnya, cahaya yang menyebar di depannya, penghalang di antaranya dan neraka, hujah (dalil) bagi mukmin dihadapan Allah Swt, pemberat bagi timbangan kebaikan, izin untuk melewati Shirath al-Mustaqim dan kunci surga."


Sholat tahajud ternyata ridak sekadar membuat orang yang melaksanakannya memperoleh tempat istimewa di hadapan Allah Swt., namun juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mengusir penyakit. Apakah kita pernah berpikir mengapa kita harus berdoa setiap hari? Jawabannya beragam, ada yang mengatakan bahwa berdoa adalah kewajiban manusia sebagai makhluk Tuhan dan jawaban lainnya. Intinya berdoa adalah sebuah kewajiban. 


Pada dasarnya, semua semua ibadah yang dianggap sebagai tanggung jawab dan kewajiban ternyata mempunyai pengaruh positif bagi hidup manusia. Kita semua mungkin tidak menyadari jika kepatuhan terhadap ibadah, misalnya sholat, mempunyai pengaruh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.


Penelitian mengenai sholat oleh seorang guru besar menyebutkan bahwa sholat tahajjud yang dilakukan dengan gerakan yang tepat, rutin, dan tulus ikhlas,dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi umat muslim, sholat tahajud bukanlah sholat wajib sehingga sedikit yang melaksanakannya ecara rutin atau terus menerus. Dalam riwayat Abu Daud dan At-Turmudzy, Ali ra pernah berkata:


“Shalat witir itu tidak diharuskan sebagaimana shalat fardhu, tetapi Rasulullah Saw., selalu mengerjakannya serta bersabda: Sesungguhnya Allah itu witir (ganjil, yakni esa) dan suka pada witir, maka shalat witirlah kamu sekalian wahai Ahlul Qur’an.”


Kebiasaan melaksanakan sholat tahajud diawali saat menjelang kanabian Muhammad. Ketika itu, Muhammad sedang dalam keadaan resah karena kehidupan moral di Kota Mekah saat itu sangat memprihatinkan. Di suatu malam, Muhammad menyendiri dan merenung tentang dirinya dan yang menimpa tanah lekahirannya. Kegiatan menyendiri ini (sholat) akhirnya juga dilaksanakan oleh para pengikut Nabi Muhammad ketika mengalami masalah berat. 


Sebagian besar kita tidak banyak tahu apa sebenarnya yang terjadi saat melaksanakan sholat tahajud. Para ulama mengatakan bahwa sholat dapat memperbaiki akhlak. Namun, bagimanakah semuanya dapat terjadi?


Soerang peneliti pernah malakukan penelitian terhadap 51 siswa yang melaksanakan sholat tahajud selama dua bulan penuh. Ternyata, dari 51 siswa, hanya 23 siswa yang mampu bertahan melaksanakan sholat tahajud selama satu bulan. Sampai akhirnya, hanya 19 siswa yang mampu bertahan melaksanakan sholat tahajud selama dua bulan. 


Siswa-siswa yang berjumlah 19 ini mengalami perubahan mendasar, yaitu mereka melaksanakan sholat tahajud selama dua bulan dengan tulus ikhlas, gerakannya tepat, dan kekebalan tubuhnya meningkat. Orang-oarang yang berhasil melaksanakan sholat tahajud selama dua bulan ini, hormonnya naik. Ini artinya mereka ikhlas dan tidak stres.


Meningkatnya hormon ini dibarengi juga dengan meningkatnya kandungan serotonin, epinefrin dan endorfin. Hormon-hormon tersebut merupakan hormon yang membuat diri kita merasa tenang dan tenteram. Dengan melaksanakan sholat yang benar, tulus, pasrah, dan rutin, maka akan membuat fisik dan psikis manusia menjadi sehat. 


Jadi, sholat, termasuk juga sholat tahajud, tidak sekadar membuat seseorang yang melaksanakannya memperoleh tempat terpuji di sisi Allah Swt., tetapi juga membuat sehat lahir dan batin. 


View the original article here