Rabu, 30 November 2011

Tanda-Tanda Kebesaran Allah

 

Tahukah Anda bagaimana langit dan bumi diciptakan? Penciptaan langit dan bumi adalah bukti kebesaran Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang artinya:


“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi setelah matinya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan di antara langit dan bumi. Sungguh terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berakal.”


Akal adalah suatu karunia dan nikmat yang diberikan Allah kepada manusia. Salah satu fungsi utama akal adalah memikirkan, merenungi, dan memahami ayat-ayat Allah dengan tujuan untuk mengenal Allah dan kebesarannya.


Alangkah celakanya seseorang jika tidak menggunakan akalnya untuk mendapatkan hidayah-Nya. Hal ini bisa terjadi karena kesombongan manusia untuk mengakui kekuasaan atau kebesaran Allah. Sebaliknya, alangkah beruntungnya seseorang yang menggunakan akalnya untuk menggapai hidayah, nikmat, dan iman kepada Allah. Sikap ini dapat dicapai dengan cara memperhatikan dan memahami ayat-ayat Allah yang tersebar luas di alam semesta.


Berikut tanda-tanda kebesaran Allah yang ada di alam semesta.


Langit merupakan ciptaan Allah yang sangat indah. Setiap manusia yang suka memperhatikan langit, baik di malam hari maupun siang hari, pasti akan merasakan ketakjuban luar biasa. Tidak hanya sebatas itu, manusia pun sudah menembus angkasa untuk mengekplorasi bulan dan planet lainnya.


Itulah salah satu bukti kebesaran Allah dan itulah bukti bahwa Tuhan itu ada. Bahkan, seorang atheis pun akan merasakan getaran jiwa bahwa Tuhan itu ada karena fitrah manusia diciptakan memang untuk percaya akan adanya Tuhan.


Bumi dan segala keindahannya ini sangat kaya dengan ayat-ayat Allah yang begitu luar biasa. Bahkan, hingga saat ini, manusia belum mampu mengungkap semua tabir misteri di bumi.


Lautan, gunung-gunung, samudera yang terbentang luas, gurun pasir, dan yang lainnya sangatlah berkesinambungan serta penuh hikmah dalam penciptaannya. Semua ini dicipatakan Allah untuk manusia dan tidak sepantasnya kita ingkar kepada-Nya.


Coba kita renungkan bagaimana Allah telah menundukkan lautan untuk manusia dengan kapal? Dapatkah kita bayangkan bagaimana kapal-kapal mampu berlayar mengarungi lautan luas?


Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa hal ini terjadi karena adanya perbedaan jenis air laut dan kapal serta terciptanya ruang udara yang membuat kapal bisa mengapung. Walaupun begitu, ilmu pengetahuan hanya mengungkap tetapi tidak menciptakan. Hal ini semakin mempertegas kekuasaan Allah.


Air hujan yang diturunkan ke bumi oleh Allah adalah nikmat yang tidak terhingga. Walaupun manusia sudah mampu membuat hujan buatan, hujan alami ciptaan-Nya tetap tidak dapat tergantikan.


Coba kita bayangkan jika suatu tempat tidak diguyur hujan dalam jangka waktu lama. Daerah itu pasti akan kering kerontang. Saat tempat ini diguyur hujan, maka tumbuhlah berbagai jenis tumbuhan. 


Awan merupakan fenomena unik dari sebuah proses terjadi dan turunnya hujan. Awan diciptakan untuk melindungi manusia dari terik sinar matahari. Selain itu, awan akan menjadi dominan saat berlangsung musim hujan. Adanya sirkulasi musim dan cuaca ini, membuat keseimbangan cuaca bumi akan terjaga.


Itulah beberapa tanda dan bukti kebesaran Allah. Artikel ini bertujuan mengajak kita semua untuk kembali merenungkan ayat-ayat kekuasaan Allah dengan menggunakan akal yang sudah dikaruniakan-Nya.


View the original article here